by

Mengolah Sampah AnOrganik yang bernilai Ekonomi (Solusi Sampah 3)

Di artikel sebelumnya membahas mengenai pengelolaan sampah organik rumah tangga mulai yang bisa di mulai sejak dari rumah dengan teknologi keranjang Takakura lalu bagaimana dengan sampah Anorganiknya.

Sampah anorganik yang diolah bisa bernilai seni dan bernilai ekonomi. Dibutuhkan pelatihan agar masyarakat memiliki keterampilan dasar dalam mengolah sampah anorganik menjadi kerajinan yang bernilai senik dan bernilai ekonomi.

Dan kelompok masyarakat yang telah terampil diharapkan menularkan ilmunya kelompok masyarakat lainnya sehingga kian hari volume sampah anorganik yang terbuang ke alam sekitar yang bisa merusak lingkungan semakin berkurang.

Beberapa karya kerajinan seperti hiasan dinding, jam dinding, hiasan meja, vas bunga dan beberapa kerajinan lainnya yang dibuat dari bahan sampah anorganik seperti tutup botol, kaleng dan botol bekas.

Tangan pemerintah tetap diperlukan ketika ada masyarakat telah menyisihkan waktu dan tenaganya untuk mengolah sampah menjadi end product yaitu membantu memasarkan produk kerajinan tersebut yang sepenuhnya berasal dari sampah.

Jangan sampai end produk tersebut menambah sampah baru karena salahsatu tujuan bahkan bisa menjadi tujuan utama kerajinan-kerajinan yang telah bernilai ekonomi diharapkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pengolah sampah.

Semakin kesadaran masyarakat meninggkat akan memilah sampah organik dan anorganik maka kebutuhan bank sampah sebagai penampungan sementara menjadi penting keberadaannya sebelum kemudian di oleh menjadi produk yang bernilai lebih.

Bungkus detergen dan kopi menjadi barang favorite untuk bisa di kreasikan menjadi hiasan dinding. Begitupula dengan tutup botol bisa dibuat menjadi boneka dinding. Hasil kreasi ini jika dijual bisa di hargai 10.000 hingga ratusan ribu tergantung nilai seni dari produk yang di hasilkan. (b_hp)

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Update
Harga isi ulang TOKEN PLN by aplikasi FIHA KOMUNIKA : PLN20=20.200; PLN50=50.200; PLN100=100.200; PLN200=200.200; PLN500=500.200; Install aplikasi android di sini 👉🏽 http://bit.ly/fiha_komunika dengan kode referal : FDYBKH

Comment

PERDANANEWS BANDUNG