by

Sampah AnOrganik : Pemanfaatkan Botol Bekas

Salah satu sampah anorganik yang dekat dengan kita adalah botol bekas. Seringkali orang bahkan diri kita sendiri setelah minum dari minuman dengan kemasan botol tidak berpikir panjang langsung membuangnya. Ketika sampah botol ini telah memenuhi tempah sampah tiap harinya kini bagaimana memanfaatkan sampah tersebut untuk menjadi barang yang berguna. Mari kira berkarya dengan memanfaatkan botol bekas.

Salah satu karya yang bisa kita hasilkan dari botol bekas adalah memanfaatkannya untuk menanam tanaman hias dan sayur-sayuran. Saat ini sudah banyak warga Indonesia yang mempraktekannya. Tanpa memikirkan lahan untuk menanam, botol bekas memudahkan Anda untuk menanam tanaman dan membuahkan hasil, selain tentunya Anda telah menjaga lingkungan ini dari sampah anorganik.

Memanfaatkan botol bekas untuk hidroponik. Sekarang Anda mulai mencari tempat yang cocok yang terpapar oleh sinar matahari. Menggunakan botol bekas sebagai media tanam biasa disebut dengan cara hidroponik dan tanaman yang paling cocok untuk ditanam dengan cara ini adalah bunga dan sayur. Menariknya, Anda tidak perlu menggunakan tanah untuk menanam.

Setelah Anda menemukan tempat yang cocok untuk penempatan hidroponik, maka langkah selanjutnya adalah sebagai berikut :

Pertama, kelompokkan botol bekas berdasarkan ukurannya yang sama atau mirip yang telah Anda kumpulkan. Untuk tanaman Bunga, pilih botol bekas yang memiliki ukuran 500ml ke bawah, untuk bunga yang besar atau sayuran pilihlah ukuran botol yang lebih besar sekira 1 sampai 2 liter.

Source: Liputan6

Kedua, langkah berikutnya adalah mengubah bentuk boto bekas sesuai kebutuhan. karena bentuk botol bagian atasnya lebih kecil maka potong terlebih dahulu yang berlubang kecil tujuannya utnuk memudahkan proses penanaman. Potong 1/3 bagian atasnya, sehingga ada bagian yang berubah menjadi gelas besar. Lakukan hal yang sama pada botol lainnya.

Source: seruni

Ketiga, pada gelas besar (botol bekas yang telah dipotong) untuk proses fotosintesi maka perlu lubang drainase. Hal ini bagian terpenting untuk proses pertumbuhan tanaman. Tujuan adalah ketika tanaman Anda siram, air tidak menggenang di dasar botol bekas. Cara melubangi bisa dengan solder atau dengan paku yang dipanaskan sebelumnya.

Source: Utamatani

Keempat, menyiapkan media pengganti tanah, apa saja? beberapa di antaranya seperti sabut kelapa, kerikil, pasir, sekam, serbuk kayu dan lain sebagainya. Jika bahan-bahan tersebut telah tersedia, bisa juga dicampurkan dalam satu wadah botol bekas yang akan di gunakan.

Source: Kutanam

Kelima, adalah proses terakhir yaitu tanaman bunga atau sayur yang telah di sematkan di setiap botol hidroponik, maka selanjutnya Anda harus menempatkan di tempat yang telah di tentukan di awal. Tempat dimana tanaman bisa mendapatkan sinar matahari secara langsung, bisa di jendela, pagar, atau bagian dinding tembok yang terkena sinar matahari.

Proses selanjutnya adalah proses rutinitas dalam memelihara dan merawat tanaman tersebut agar tumbuh dan menghasilkan sesuai yang Anda harapkan. Proses penyiraman adalah hal rutin yang tidak bisa di tinggalkan. Untuk tanaman hidroponik, proses penyiramannya dengan metode infus yaitu dengen menyediakan botol lain yang berisi air dengan dengan selang kecil yang berfungsi untuk menyirami tanaman. dengan adanya selang kecil tersebut, air akan mengalir dari botol yang berisi air pada setiap tanaman secara otomatis. Namun jika tidak berhasil dengan cara ini maka bisa dilakukan dengan menyirami tanaman seperti biasa secara manual dan dilakukan secara rutin.

Proses perawatan lainnya adalah pemupukan. Pemupukan ini bertujuan agar tanaman mendapatkan nutrisi dan bisa berkembang tanpa di serang hama-hama tanaman. Pupuk tanaman bisa gunakan pupuk organik misal hasil kompos dari sampah organik atau pupuk buatan.

Dengan proses perawatan dan pemeliharaan media tanaman hidroponik menjadi solusi dalam menangani sampah AnOrganik sekaligus menjadi solusi untuk memiliki tanaman hias yang berbunga dan sayuran di rumah Anda.

Semoga bermanfaat.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Perumahan Bina Karya, Paseh, Kab. Bandung http://bit.ly/PeluangAtHome

Comment

PERDANANEWS BANDUNG